Wah, Kok Mahal Sih Tarifnya?

Saya sudah sering mendengar komentar ini ketika ada yang bertanya tentang tarif saya sebagai penerjemah dan juru bahasa lepas.

Sebenarnya, apa yang ikut menentukan besaran tarif seorang penerjemah atau juru bahasa? Menurut saya, hal-hal berikut inilah yang memengaruhi tarif yang dimaksud.

Pengalaman

Semakin tinggi jam terbang seorang juru bahasa dan pengalaman kerja seorang penerjemah, semakin tinggi pula kemampuannya menerjemah dan mengolah kata. Pengalaman dan jam terbang yang dikumpulkan si pekerja bahasa mencerminkan tingginya kepercayaan pemberi kerja kepadanya. Meski begitu, setahu saya ada juga kok penerjemah yang memiliki keterampilan menerjemah yang bagus walaupun belum memiliki banyak pengalaman.

Kecakapan kerja/keterampilan

Nah, kecakapan ini berbanding lurus dengan pengalaman yang dimiliki. Semakin banyak pengalamannya, biasanya keterampilannya terasah dengan baik sehingga mampu menghasilkan terjemahan yang halus dan tidak kaku. Sama halnya juga dengan juru bahasa; semakin tinggi jam terbangnya maka keterampilan menerjemah lisannya akan semakin bagus dan kalimat-kalimat akan meluncur secara alami dan tertata saat bekerja sebagai juru bahasa.

Kualitas Pekerjaan

Bayangkan dirimu sebagai pengguna jasa penerjemah. Lalu, ketika menerima terjemahan, kamu terkejut karena begitu banyak kesalahan tik yang semestinya tidak luput dari mata penerjemah yang jeli dan profesional.Selain itu, terjemahan yang dihasilkan terbaca seperti terjemahan mesin yang diterjemahkan kata per kata sekadarnya. Kecewa dan kesal, kan? Oleh sebab itu, kerjakan semua pekerjaan dengan fokus penuh dan tanggung jawab semestinya. Konsekuensi dari pekerjaan yang buruk, apalagi terus-menerus, adalah kehilangan kepercayaan dari klien dan pekerjaan di masa depan.

Sertifikasi Profesi

Ingat ya, memiliki sertifikasi tidak berarti seorang penerjemah akan seketika dibanjiri pekerjaan. Sertifikasi adalah salah satu hal yang bisa menjadi nilai tambah, dan membantu menaikkan daya jual layanan si penerjemah atau juru bahasa. Sertifikasi yang diperoleh dari lembaga atau asosiasi profesi memberi tambahan keyakinan kepada calon klien bahwa keterampilan dan kemampuanmu sebagai penerjemah atau juru bahasa sudah diakui secara profesional. Tugas sang pekerja bahasa adalah membuktikan keandalannya dan mempertahankan kualitasnya seperti yang dinyatakan dalam sertifikat profesinya.

Nah, semua hal di atas tidak diperoleh secara instan. Semua perlu waktu, tenaga, dan biaya. Itu sebabnya tarif penerjemah dan juru bahasa yang bagus akan disesuaikan dengan semua itu. Ini pun dapat ditemui di semua bidang pekerjaan lain. Dan itu pula sebabnya ada harga, ada kualitas 😉

Namun, semua hal di atas tidak selalu mutlak sifatnya. Bahkan tidak selalu seperti itu urutannya. Semua kembali ke diri masing-masing penerjemah dan juru bahasa. Jika bekerja asal-asalan, niscaya masa depan dan reputasinya tidak akan bagus dan bertahan lama. Sedangkan penerjemah dan juru bahasa yang mementingkan kualitas akan selalu memperbarui pengetahuan dan mengasah keterampilannya agar klien puas dengan layanan yang mereka berikan.

Jadi, kamu pilih penerjemah dan juru bahasa yang mana? Mau menerima hasil terjemahan yang berkualitas atau yang ala kadarnya? 🙂 Dan bila kamu adalah pekerja bahasa juga, mana yang kamu pilih: menjadi pekerja bahasa yang andal dan berkualitas atau yang sekadar bekerja?

English-to-Indonesian-certified-translator-and-conference-interpreter-Desi Mandarini

Hi, I’m Desi! I’m an HPI-certified English-Indonesian translator and professional conference interpreter. I’m into books, writing, movies, and learning foreign languages. I write on my blog and a creator of podcast “Being A Translator: A Podcast by Desi Mandarini“. I’m a member of Association of Indonesian Translators (HPI) and Association of Indonesian Conference Interpreters (AICI). Follow me on Instagram, Twitter, Facebook, and LinkedIn.  Questions or comments? Send them via email to hello@desimandarini.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.