Manfaat Liburan Bagi Produktivitas Pekerja Lepas

Saat kamu membaca tulisan ini, saya sedang menikmati liburan di luar kota.  Ini sudah  pertengahan bulan Mei, dan saya merasa perlu beristirahat sejenak, mencari suasana lain untuk menyegarkan pikiran. Beberapa bulan awal 2019 ini terasa cukup melelahkan bagi saya. 

Pekerja lepas dan semua orang memerlukan waktu rehat. Waktu untuk berhenti sejenak dan melepaskan pikiran dari pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Ini sangat penting untuk mencegah kelelahan kerja (burn out). Selain itu, kita harus tetap waras dalam dunia yang semakin gila dan penuh tekanan ini, hahaha! Itu sebabnya, kamu perlu meluangkan atau menyisihkan waktu sejenak, barang dua tiga hari untuk keluar dari rutinitas kerja sehari-hari dan rehat sejenak. Setelah berlibur, pasti kamu akan merasa segar dan siap kembali bekerja. 

Berlibur tidak selalu harus mahal. Ke luar kota atau pergi ke taman hiburan, pegunungan, pantai, dan tempat rekreasi lain sudah cukup. Bahkan sekadar menghabiskan waktu untuk menonton film dan menikmati kuliner kesukaan bersama sahabat atau keluarga dekat sudah bisa membantumu untuk menyegarkan pikiran. Pikiran dan matamu memerlukan suasana baru agar bisa keluar dari hiruk-pikuk rutinitas dan pekerjaan. Bagi saya, menonton film bersama keponakan-keponakan atau makan bersama keluarga sesekali di restoran favorit sudah termasuk penyegaran 😉

Nah, bagaimana dengan kamu? Di mana tempat berlibur favoritmu? Seberapa sering kamu berlibur? Apakah kamu berlibur bersama teman-teman atau keluarga? Saya ingin tahu nih, siapa tahu saya juga bisa mengunjungi tempat liburan favoritmu nanti. Beri tahu saya dengan membalas surel ini atau melalui akun media sosial saya yang ada di bagian bawah tulisan ini.

Sudah menyimak  episode terbaru siniar saya? Saya membicarakan tentang alat produktivitas bagi pekerja lepas di episode ketujuh belas siniar “Being A Translator: A Podcast by Desi Mandarini”.

Selamat berakhir pekan!

Tulisan ini sudah pernah terbit di nawala mingguan saya. Jika kamu menyukai apa yang saya bagikan dan ingin menyimak lebih banyak tentang produktivitas, bekerja lepas, dan apa saja yang saya kerjakan sebagai penerjemah dan juru bahasa lepas, kamu bisa berlangganan nawala saya dengan mendaftarkan alamat surelmu di sini.

English-to-Indonesian-certified-translator-and-conference-interpreter-Desi Mandarini

Desi is an HPI-certified English to Indonesian translator and conference interpreter. She’s into books, writing, movies, and learning foreign languages. Desi manages a blog and podcast where she writes and shares about her experience as a linguist as well as tips and tricks on productivity and freelancing. Desi is a member of Association of Indonesian Translators (HPI) and Association of Indonesian Conference Interpreters (AICI). Follow her on Instagram, Twitter, Facebook, and LinkedIn.  Questions or comments? Send email to hello@desimandarini.com.

Advertisements

2 thoughts on “Manfaat Liburan Bagi Produktivitas Pekerja Lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.