Lima Hal yang Menandakan bahwa Kamu adalah Pekerja Lepas Profesional

Berkarier sebagai pekerja lepas (freelancer) sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Jumlah orang yang memilih menjalani profesi sebagai pekerja lepas pun semakin bertambah. Mengapa? Fleksibiltas kerja dan waktu adalah faktor utama yang mendorong banyak orang melakoninya.

Namun, menjalani karier sebagai pekerja lepas membutuhkan lebih dari sekadar keterampilan di bidang tertentu dan pengalaman segudang. Apa saja sih yang menjadi ciri bahwa kamu adalah pekerja lepas profesional? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kamu mudah dihubungi.

Bekerja lepas menuntut kamu untuk selalu terhubung ke sarana komunikasi yang ada, seperti surel dan telepon. Tawaran kerja bisa datang kapan saja dan dari mana saja, termasuk dari luar negeri. Nah, di sinilah kamu dituntut untuk selalu sigap dan tepat waktu dalam membalas pertanyaan atau penawaran dari klien dan calon klien. Jika telat menjawab, risikonya pekerjaan akan melayang.

Kamu selalu ingin belajar hal baru.

Sebagai pekerja lepas, kamu mengerjakan semua hal sendiri. Mulai dari membuat penawaran, memasarkan jasa, melakukan tugas akunting sederhana, hingga menentukan kegiatan pengembangan profesi apa yang selanjutnya harus kamu ikuti. Dengan selalu belajar hal baru, pekerjaanmu akan terlaksana dengan baik karena kamu mengetahui dan menguasai semua hal yang kamu perlukan untuk kelancaran pekerjaanmu.

Kamu terbuka untuk menerima kritik dan masukan.

Apalah artinya reputasi baik dan setumpuk pengalaman kalau kamu tidak mau menerima masukan dan kritik untuk pekerjaanmu? Kritik dan masukan adalah faktor penting untuk peningkatan mutu kerja. Dengan mau menerima semua masukan dan kritik secara positif, kamu akan menyadari kekuranganmu dan berusaha memperbaikinya di masa depan. Hasilnya, mutu pekerjaanmu akan semakin meningkat dan semakin banyak orang yang akan memakai jasamu.

Kamu selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Perkembangan teknologi sangat pesat dan sebagai pekerja lepas, kamu harus mengetahui perkembangan teknologi terkini. Hampir semua penunjang pekerjaan saat ini mengandalkan peran teknologi, seperti komunikasi, alur kerja, hingga pembuatan invoice. Jika kamu adalah pekerja lepas profesional, kamu pasti selalu ingin belajar hal baru agar tidak ketinggalan zaman.

Kamu berjejaring dengan sesama pekerja lepas lain, baik dari bidang profesimu maupun bidang lain.

Jejaring profesi sangat penting untuk kelancaran kariermu. Kamu bisa mengetahui perkembangan terbaru di bidangmu melalui jejaring profesi, seperti komunitas pekerja lepas atau organisasi profesi. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui tentang lowongan pekerjaan atau proyek baru yang mungkin memerlukan jasamu. Kalau kamu adalah penerjemah, bergabunglah dengan komunitas dan organisasi penerjemah. Jika bidang profesimu adalah penulis, kamu bisa bergabung dengan organisasi yang menaungi para penulis. Tak ada ruginya juga jika kamu bergabung dengan komunitas yang serupa dengan profesimu. Misalnya, penerjemah lepas dapat bergabung di komunitas penerjemah dan penulis, karena kedua profesi itu berkaitan erat.

Apakah kamu sudah melakukan kelima hal tersebut? Atau kamu punya pendapat lain? 😉

Desi is an HPI-certified English to Indonesian translator and conference interpreter. She’s into books, writing, movies, and learning foreign languages. Desi manages a blog and podcast where she writes and shares about her experience as a linguist as well as tips and tricks on productivity and freelancing. Desi is a member of Association of Indonesian Translators (HPI) and Association of Indonesian Conference Interpreters (AICI). Follow her on Instagram, Twitter, Facebook, and LinkedIn.  Questions or comments? Send email to hello@desimandarini.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.