Selamat Tahun Baru 2020!

Tahun baru selalu dipenuhi dengan obrolan dan unggahan media sosial tentang resolusi. Resolusi, rencana, target, apa pun itu, menurut saya hendaknya dibuat realistis dan dalam jangkauan untuk dicapai. Mengapa?

Sudah lumrah diketahui bahwa manusia mudah putus asa ketika menghadapi kegagalan, tapi cepat puas ketika mencapai keberhasilan. Benarkah? Ini sih menurut pengalaman pribadi saya, lo 😁 Nah, tahun ini pun saya tidak membuat rencana yang terlalu muluk dan kelewat fantastis. Bukan maksud hati tidak bersemangat, tapiii saya selalu ingin mulai dari yang kecil-kecil dulu.

Target saya tahun ini adalah:

  • membaca 30 buku
  • menaikkan tarif penerjemahan dan penjurubahasaan (tidak saya bahas secara lengkap di sini yaaa, karena itu rahasia dapur saya 😉)
  • mengikuti lima kegiatan pengembangan profesi dalam setahun
  • mengurangi konsumsi gula dan makanan manis 😁✌🏼

Menurut saya, keempat hal di atas masih masuk akal dan dapat saya lakukan dengan perencanaan yang baik. Syukurlah, resolusi yang saya buat tahun lalu sebagian besar tercapai. Meskipun tidak semua terwujud, tapi beberapa yang sudah saya capai membuat saya lebih bersemangat menjalani tahun 2020 ini.

Bagaimana dengan kamu? Apakah masih ada resolusi 2019 yang belum tercapai? Sudah punya rencana jelas untuk tahun ini, atau justru santai dan menjalani semua apa adanya? Selamat mengarungi 2020! Semoga semua lancar dan kamu tetap produktif.

Hai! Saya Desi, penerjemah bersertifikat HPI untuk pasangan bahasa Inggris-Indonesia dan sebaliknya, sekaligus juru bahasa profesional. Saya berbagi pengalaman sebagai pekerja lepas melalui blog dan siniar saya “Being a Translator: a Podcast by Desi Mandarini“. Saya adalah anggota aktif Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) sejak tahun 2010, dan Perhimpunan Juru Bahasa Konferensi Indonesia (AICI). Ingin tahu lebih banyak tentang pekerjaan saya? Mari berteman di Instagram, Twitter, Facebook, atau LinkedIn.  Punya pertanyaan atau komentar? Kirimkan saja melalui surel ke info@desimandarini.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.